Kriteria penilaian mobil bekas terbaik 2023

Membeli mobil bekas dengan harga murah dan kualitas terbaik tentunya menjadi pilihan bagi mereka yang tidak memiliki cukup budget untuk membeli mobil baru. Namun kekhawatiran dan ketakutan terkadang menghampiri konsumen ketika akan membeli mobil bekas karena dianggap kualitas barangnya menurun, ada resiko rusak, dan resiko mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, perlu ketelitian dan kehati-hatian saat membeli mobil bekas. Bagi pemula yang ingin membeli mobil bekas, ada beberapa tips yang akan dibagikan. Simak 7 tips beli mobil bekas murah dan berkualitas berikut ini.

7 Tips Membeli Mobil Bekas

1.Sesuaikan Budget dengan Mobil yang Akan Dibeli
Salah satu alasan terkuat seseorang membeli mobil bekas adalah keterbatasan budget yang dimilikinya. Mobil bekas yang mengalami penurunan nilai barang bisa menjadi solusi. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu daftar harga mobil yang ingin dibeli.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan mencocokkan kisaran harga mobil bekas dengan budget yang dimiliki. Pilih mobil sesuai dengan kemampuan finansial. Setelah itu, tentukan skema pembayaran.

Baik membeli secara tunai maupun kredit, Anda harus menentukan skema pembayaran yang tidak memberatkan dan mengganggu kondisi keuangan Anda di kemudian hari.
>>> Baca juga mobil bekas di bawah 200 juta yang paling layak dibeli awal 2023: https://bitbucket.org/cintamob....ilbekas/workspace/sn

2.Perhatikan Penjualan Mobil Bekas
Sebagai pembeli, tentu Anda tidak ingin hal buruk terjadi. Oleh karena itu, pembeli perlu mencermati berbagai aspek yang terkait dengan transaksi tersebut, salah satunya adalah latar belakang penjual. Penjual mobil bekas bisa perorangan atau lembaga.

Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya perhatikan baik-baik penjualnya dengan melakukan riset terhadap profil penjual dan riwayat transaksinya. Jika pembeli ingin membelinya dengan sewa, pelajari lebih lanjut tentang ketentuan sewa.

Mencermati riwayat penjual mobil bekas juga bisa membantu Anda untuk mengetahui kebiasaan pemakaian mobil bekas yang akan dibeli sehari-hari. Mengetahui hal tersebut, Anda akan jauh lebih percaya diri dalam mengambil keputusan untuk membeli mobil bekas tersebut.

3.Cek Kondisi Eksterior dan Interior Mobil
Sangat penting untuk mengecek kondisi dan kelengkapan semua komponen mobil. Periksa kelengkapan dan fungsi masing-masing komponen. Pastikan setiap komponen lengkap dan dapat berfungsi dengan baik.

Saat mengecek kondisi eksterior dan interior mobil bekas ini, komunikasikan dengan penjualnya. Dapatkan berbagai feedback dari penjual agar lebih tenang dalam membeli mobil bekas yang Anda inginkan. Sedangkan untuk eksterior dan interior yang perlu dicermati.

4.Meminta Bantuan Ahli Mekanik
Jika Anda ragu mengamati dan mengevaluasi mobil bekas yang ingin dibeli, mintalah bantuan montir. Mekanik dapat memandu Anda untuk menilai kelayakan dan kualitas mobil bekas. Melalui petunjuk dan arahan dari mekanik ahli, Anda bisa lebih percaya diri dalam memutuskan dan memilih mobil bekas impian Anda.
>>> Baca juga mobil bekas terbaik 2023: https://www.hahalolo.com/@63d744f5f7c8702c1a33c0bf

5.Periksa Riwayat Servis Mobil
Service history atau catatan servis dapat membantu pembeli mobil bekas untuk mengetahui secara detail tingkat perawatan berkala mobil bekas. Anda akan mengetahui apakah mobil bekas yang ingin dibeli dirawat secara rutin atau tidak.

Jika mobil bekas memiliki jadwal servis rutin, kemungkinan besar akan terpelihara dengan baik dan laik jalan. Selain itu, melalui service record, Anda juga akan mengetahui bengkel mana saja yang dijadikan tempat service.

6.Memastikan Dokumen Lengkap dan Asli
Jangan lupa untuk memastikan kelengkapan dan legalitas dokumen mobil bekas yang Anda incar. Dokumen kendaraan yang harus ada antara lain Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPK. Selain itu, periksa nomor mesin dan nomor rangka sepeda motor serta cocokkan dengan informasi STNK dan BPKB mobil bekas yang Anda tuju.

Verifikasi keaslian dokumen-dokumen ini. Hal ini untuk mencegah potensi mobil bekas yang ingin dibeli menjadi mobil curian.

7.Periksa Status Asuransi pada Mobil
Status asuransi pada mobil bekas harus diperiksa. Sebab, belum tentu mobil bekas sudah diasuransikan sebelumnya. Sebagai calon pemilik mobil, Anda harus berusaha melindunginya dengan asuransi. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kerugian akibat risiko yang muncul akibat masalah yang terjadi pada mobil di kemudian hari.

Pilih salah satu dari dua skema asuransi, yaitu skema asuransi all risk dan skema asuransi total lost only (TLO). Asuransi all risk memiliki perlindungan yang komprehensif. Asuransi all risk dapat menanggung biaya perbaikan mobil akibat kerusakan ringan maupun kerusakan berat. Sedangkan asuransi total lost only (TLO) pada mobil menanggung biaya akibat kerusakan lebih dari 75%.
>>> Baca juga mobil bekas dibawah 150 jutaan yang layak dibeli: https://app.gitter.im/#/room/#....Rekomendasi-mobil-be

Jadilah Pembeli yang Sabar dan Teliti dengan Tips Membeli Mobil Bekas
Dalam kegiatan mencari mobil bekas yang sesuai dengan segala aspek finansial, diperlukan kesabaran dan kejelian dalam menentukan dan memilih mobil bekas yang cocok dan berkualitas. Hal ini akan mengantarkan Anda untuk menemukan mobil bekas yang murah dan berkualitas, memiliki fisik yang prima, dan nyaman untuk dikendarai. Bagi yang berencana membeli mobil bekas, ikuti tips membeli mobil bekas di atas dan jadilah pembeli yang sabar dan cermat.